Jumat, 10 Oktober 2014

JENIS - JENIS KAIN DALAM BATIK

Jika anda ingin membeli baju batik betawi perhatikan bahannya. Apakah batik tersebut terbuat dari bahan sutera, katun prima, primisima, polisima, dobi, paris, atau shantung. Jenis-jenis kain tersebut ini berbeda-beda tektur maupun bahan dasarnya. Sekedar Informasi untuk anda.

. Kain katun adalah kain yang umum digunakan untuk batik. Kain katun ada beberapa tingkatan. Kain katun primisima lebih bagus dari katun prima, dan kain polisima paling bagus diantara keduanya. Masing-masing katun tersebut ada beberapa tingkatan pula. Ada yang kasar dan tipis, lebih halus dan tebal dan paling tebal serta halus. Semua tergantung dari campuran serat kapas yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut.

. Kain Shantung teksturnya halus dan dingin. Shantung-pun ada bermacam tingkatan. Dari yang tipis hingga tebal. Kain katun lebih kuat seratnya daripada kain shantung.

. Kain Dobi bisa dibilang sebagai kain setengah sutera, ada beberapa tingkatan seperti halnya katun prima & primisima dari yang kasar hingga halus, ciri khas dobi terletak pada tekstur kasarnya. Jadi pada dobi yang paling haluspun kita akan merasakan serat-seratnya yang menonjol.

. Kain paris teksturnya lembut dan jatuh. Bahannya tipis dengan serat kain yang kuat. Kain parispun memiliki tingkatan-tingkatan seperti kain-kain yang lain.

. Kain Sutera. Anda pasti tahu bahan dasar kain sutera dan mengapa kain sutera sangat mahal. Teksturnya lembut dan jatuh serta mengkilap.


. Kain Serat nanas. Serat nanas teksturnya kasar mirip dobi. Biasanya terlihat sulur-sulur pada kain tersebut dan mengkilap. Hampir semua kain mempunyai tingkatan dari yang paling kasar sampai yang paling halus. Tergantung dari pencampuran bahan dasar pembuatan kain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar