Selasa, 04 November 2014

Ahok Bikin Menteri Puspayoga Tergesa-gesa dan Berkeringat


Seusai menerima kunjungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengajaknya berkeliling Balaikota Jakarta.

Bak seorang tour guide, Basuki menjelaskan satu persatu sudut ruangan di Balaikota. Melangkah keluar dari ruang kerjanya, Basuki langsung berkelakar. 

"Pak Menteri kan orang Bali belum pernah lihat Balaikota, nah sekarang mau ajak beliau keliling. Oke yuk ikuti saya yuk," kata Basuki bergaya bak presenter program jalan-jalan sambil menjentikkan jarinya, Senin (3/11/2014) sore. 

Kemudian, Puspayoga yang saat itu mengenakan setelan batik berwarna cokelat keemasan tampak menuruti langkah dan ajakan Basuki. Ruang pertama yang ditunjukan Basuki adalah Balai Agung. Jual kain batik betawi 

Basuki membuka pintu ruang atas Balai Agung dan menunjukkan kalau itu adalah ruang pertemuan atau penyelenggaraan acara resmi Pemprov DKI. Pria yang akrab disapa Ahok itu langsung melanjutkan langkahnya turun ke lantai satu dengan tangga. 

Ruang kedua yang ditunjukkan Basuki kepada mantan politisi PDI-Perjuangan itu adalah ruang kerja gubernur. Puspayoga pun tampak tergesa-gesa mengikuti langkah Basuki yang cepat. Keringatnya bercucuran saat mengikuti Basuki dari belakang. 

Pengawal Puspayoga pun berulang kali menyerahkan tisu kepada mantan calon gubernur Bali itu. Sementara sang "tour guide" dengan semangat tetap terus berjalan menuju ruang kerja gubernur. 

Sebelum tiba di ruang kerja gubernur, Basuki sempat menghentikan langkahnya di ruang tamu gubernur yang terpasang foto para pimpinan Ibu Kota, mulai dari wali kota hingga gubernur DKI. "Pak Puspayoga, makanya saya bilang, saya harus jadi gubernur dulu biar fotonya dipasang di sini. Kalau cuma jadi wagub, enggak bakal ada fotonya di sini," kata Basuki tertawa.

Sesampainya di ruang kerja gubernur, Basuki langsung mengajak Puspayoga berkeliling. Ia membuka satu persatu pintu di dalam ruangan itu. Mulai dari kamar mandi, pintu kamar, hingga pintu tembusan menuju ruang rapat pimpinan (rapim). 

Di sana, Basuki juga menunjukkan sebuah kolam air mancur berisi empat ekor ikan koi. Gubernur sebelumnya, Joko Widodo tidak memelihara ikan koi di dalam kolam air mancur tersebut. "Ini ikannya jangan lupa dikasih makan terus yah," kata Basuki kepada penjaga ruang kerja gubernur. 

Seusai berkeliling di ruang kerja gubernur, Basuki tak lupa mengajak Puspayoga melihat-lihat ruang rapat tim pembebasan urusan tanah (TPUT), ruang tamu gubernur, dan lainnya. Sementara itu, Puspayoga mengaku senang seusai diajak Basuki berkeliling Balaikota selama 15 menit. 

"Saya ini kan baru jadi warga Jakarta, baru tanggal 27 Oktober dilantik, baru enam hari jadi warga Jakarta, jadi sowan sama gubernurnya dulu. Ini bagus kok gedungnya enggak ada mistis-mistisnya. Ha-ha-ha," kata Puspayoga tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar